• Peduli Gizi Buruk

  • Peduli Menjahit

  • Peduli Benah Sekolah

prev next

Our Programme

Misykat

Misykat

PILAR EKONOMI MASYARAKAT

Microfinace Syariah Berbasis Masyarakat atau yang lebih dikenal dengan MISYKAT merupakan program salah satu pilar program ekonomi Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhid yang menyediakan akses layanan modal kepada para pengusaha mikro yang berpenghasilan rendah yang dikelola secara sistematis, intensif dan berkesinambungan, dengan menjadikan pelayanan keuangan (dana bergulir) sebagai entry point pemberdayaan. Pola layanan keuangan yang dijalankan MISYKAT  mengadopsi  pola  Grameen  Bank  dengan  beberapa penyesuaian  berdasarkan sistem syariah.

 

TUJUAN PROGRAM

Tujuan utama program MISYKAT yaitu ingin menjadikan para pengusaha mikro berdaya secara ekonomi, bisa mengelola modal dengan baik tanpa bergantung kepada rentenir. Adapun beberapa output yang diharapkan bagi para pelaku usaha yang menjadi binaan program MISYKAT yaitu mengurangi ketergantungan modal/kebutuhan keuangan lainnya dari para rentenir, memiliki kesadaran tinggi terhadap menabung sehingga memiliki cadangan dana untuk kebutuhan yang terencana atau mendesak. Untuk lebih memahami bagaimana alur program ini, kami jelaskan dalam ilustrasi sebagai berikut:

 

Coba anda bayangkan ketika anda melihat ada seseorang dan anggaplah itu tetangga anda sedang dalam kondisi susah yang punya usaha tidak seberapa untungnya dan mempunyai suami yang kerjanya serabutan, meminjam uang kepada rentenir untuk kebutuhan tambah modal atau untuk bayar sekolah anak atau untuk membayar tunggakan kontrakan sebesar 1 juta rupiah.

 

Berapakah uang yang didapat oleh tetangga anda tersebut? Yang kami temui di lapangan ketika seseorang meminjam uang kepada rentenir, yang diberikan itu tidak sesuai dengan jumlah yang diajukan. Jika pinjam 1 juta kira-kira yang didapat adalah Rp. 950,000 dan harus membayar Rp. 50,000/hari selama 30 hari. Itu artinya bunga yang dikenakan oleh rentenir sebesar 58 % dari uang yang diterima. 

 

Jika tetangga anda tersebut lancar membayar angsuran maka beruntunglah dia, tapi jika telat bayar? Celakalah dia! Anda mungkin lebih paham istilah bunga berbunga. Itulah yang dihadapi tetangga anda, bunga yang ada belum tertutup bunga yang lain tumbuh lagi. Belum lagi kalau petugas datang menagih rasanya seperti malaikat maut menghampiri, sumpah serapah & caci maki jadi makanan sehari-hari, akhirnya stress tiada henti. Lengkap sudah penderitaan tetangga anda tersebut. 

 

PROGRAM MISYKAT DPU DAARUT TAUHIID

Lalu apa hubungannya cerita diatas dengan program MISYKAT?? Begini ceritanya, cerita diatas merupakan salah satu contoh kasus saja dan sudah sudah jadi fenomena. DPU DT melihat itu sebagai penyakit kronis yang harus diobati. Maka dari itu hadirlah program MISYKAT sebagai obat penawar yang walaupun tidak dapat menyembuhkan total minimal bisa mengurangi rasa sakit dan menutup luka yang ada.

 

Uang donasi uang yang kami kumpulkan dari para donatur, kami salurkan kepada mereka yang salah satunya adalah tetangga anda tadi. Kami terjun ke masyarakat mensosialisasikan program ini kemudian kami rekrut mereka yang berminat dan mau berubah melalui proses panjang. Bagi yang berminat setelah mendengar penjelasan waktu sosialisai langkah selanjutnya kami melakukan uji kelayakan dengan krn datangi rumah masing-masing untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan apakah sesuai dengan kriteria kami agar tepat sasaran dan layak mengikuti program. 

Data yang terkumpul dari lapangan kami bahas dalam rapat komite uji kelayakan untuk menentukan siapa saja yang layak ikut tahap selanjutnya yaitu Latihan Wajib Kelompok (LWK). LWK ini bertujuan untuk menjelaskan semua ketentuan atau aturan-aturan program, hak dan kewajiban serta meminta komitmen para peserta mengikuti program. 

Setelah mengikuti LWK selama tiga hari, di pekan selanjutnya pendampingan barulah dimulai. Disinilah awal mereka kami dampingi dan bina supaya lebih baik. Mereka mendapatkan pinjaman dana untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang sifatnya produktif dan penting lainnya. Salah satunya untuk melintasi untuk melunasi hutang tetangga anda tadi kepada rentenir. Masih ingatkan berapa angsuran yang harus dibayar tiap minggunya ke rentenir? Betul sekali! 50rb per hari. Dan anggap lah sisa uang tetangga anda yang harus dilunasi kepada rentenir sebesar 1 juta rupiah termasuk bunganya. Disini lah donasi para donatur berperan. 

Melalui program MISYKAT, tetangga anda tadi kami berikan peminjaman sebesar 1 juta rupiah untuk melunasi hutang kepada rentenir tersebut sebesar 1 juta sudah termasuk bunganya. Lalu berapakah yang harus dibayarkan kembali kepada MISYKAT? Begini contoh perhitungannya: 

 

 

- angsuran pokok Rp. 1.000.000/50 pekan = Rp. 20.000 

- tabungan cadangan Rp. 1.000/pekan 

- tabungan wajib Rp. 400/pekan 

- tabungan kelompok Rp. 600/pekan 

Jadi angsuran yang harus dibayarkan tetangga anda adalah sebesar Rp. 22.000 per pekan. Catat! Per pekan bukan per hari. 

Artinya dengan angsuran sebesar itu, sangat memberikan kemudahan & keringanan kepada tetangga anda melunasi hutang kepada MISYKAT. Beban berkurang stress pun juga hilang. Tidak ada lagi caci maki, gedor pintu atau sita barang dan bisa kembali berjualan dengan tenang. Begitulah kira nya salah satu dampak yang ditimbulkan program MISYKAT. 

Sekarang Anda bayangkan kembali jika anda adalah salah satu dari barisan donatur program ini betapa mulianya perbuatan anda. Membantu orang kesusahan melepaskan diri dari jeratan riba. Setidaknya jika anda tidak ada dalam barisan donatur, minimal anda berada dalam barisan orang-orang yang berdoa agar kami lebih dimudahkan dalam membantu orang-orang tertindas seperti contoh diatas. 

Wassalaamu'alaikum wr wb 

 

 

Programme Info

Rp0,00
raised of Rp0,00
COMPLETED
0
Days left
0%
Funded
Funding type: FLEXIBLE
Completed
This fundraise has expired.
This project will receive all of the funds invested by 31 March 2017.

About Us

Jakarta Peduli

 

Jakarta adalah ibukota indonesia, sebuah kota kecil yang memiliki potensi yang sangat besar dimana pusat pemerintahan berada beserta lembaga-lembaga besar lainnya baik yang komersil maupun sosial.

Read more ...

Penyaluran Bantuan di Sumatera Barat

Indonesia sebagai salah satu negara tropis di dunia sudah Allah berikan berbagai kelebihan dibandingkan negara-negara lainnya, salah satunya adalah curah hujan yang baik dan matahari menyinari selama satu tahun penuh. Hal tersebut membuat indonesia sebagai surga dunia dimana tumbuhan dan hewan hidup beranekaragam.

Read more ...

Pembukaan Pelatihan Menjahit BLK DPU DT Angkatan Ke- 12 B

Pembukaan kelas pertama pada program pelatihan menjahit sebelumnya. Ternyata mengundang antusias masyarakat lain untuk ikut serta di dalamnya. Tidak sabar menunggu pelatihan angkatan 13 yang baru akan dibuka tiga bulan yang akan datang. 

Read more ...

Breadcrumbs

Please publish modules in offcanvas position.

Free Joomla! template by Age Themes