• Peduli Gizi Buruk

  • Peduli Menjahit

  • Peduli Benah Sekolah

prev next

Our Programme

Pelatihan Handicraft untuk Dhuafa

Pelatihan Handicraft untuk Dhuafa

Handicraft merupakan kerajinan yang dikerjakan dengan tangan menggunakan teknik-teknik tertentu dan menghasilkan karya yang tidak biasa dan bernilai ekonomis. Handicraft atau kerajinan tangan yang masuk dalam komoditas industri kemudian menjadi salah satu cara yang ditempuh Pemerintah dalam usaha pemerataan pendapat penduduk sekaligus pelestarian budaya masyarakat.

 

Kerajinan tangan ini bermula dari hobi seseorang untuk memulai membuat sesuatu yang awal nya membosankan menjadi diri kita senangi atau pun bahkan menjadi disenangi orang lain, kerajinan tangan selain dimulai dari hobi juga dapat dimulai dari tempat atau lingkungan yang kita tempati dengan cara memanfaatkan barang-barang tidak terpakai atau barang-barang yang berlebih yang kemungkinan kita bisa mengolahnya menjadi barang berguna.

 

Melihat peluang usaha kerajinan tangan ini dalam bidang industri rumah tangga, pada dasarnya bertujuan untuk mencari keuntungan serta untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan konsumen akan suatu produk yang berkualitas dan bermutu.  Sedangkan penciptaan kualitas dan mutu yang baik dengan biaya yang rendah adalah syarat utama jika menginginkan keuntungan yang terus meningkat.

 

Mewujudkan semua ini bukan hal yang mudah, harus memiliki SDM yang punya keahlian dan kemauan dalam pengolahan barang sehingga bernilai guna. Sehingga SDM yang punya keahlian dalam bidang kerajinan tangan siap buka usaha.

 

Berangkat dari keadaan dan peluang diatas, Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid Jakarta merasa terpanggil untuk mencoba meluncurkan program pelatihan menjahit bagi masyarakat dengan mengadakan sebuah wadah yang disebutkan  Balai Latihan Kerja (BLK) Cahaya Indonesia DPU Daarut Tauhiid Jakarta.

 

 

Tujuan

Program ini bertujuan untuk memberikan pendidikan keterampilan/keahlian kerajinan tangan, sehingga peserta didik kita siap untuk diserapkan oleh dunia kerja dan usaha, yang berdampak berkurangnya angka pengangguran, bentuk keahlian yang kita berikan:

î  Pengenalan Jenis kerajinan tangan

î  Pengenalan alat dan fungsi sesuai dengan jenis kerajinan tangan

î  Teknik pembuatan pola sesuai dengan jenis kerajinan tangan

î Teknik potong pol, jahit dan menempel pola sesuai dengan jenis kerajinan tangan

î  Teknik Uji kelayakan produk

î  Teknik pengepakan, pemasaran dan pembukuan usaha

î  Memulai dan mengelola usaha kerajinan tangan

 

 

Metode Pelatihan

Beberapa hal yang menjadi titik tekan dalam program Pelatihan Keterampilan dan Kewirausahaan kerajinan tangan ini antara lain;

î  Praktek pembuatan produk kerajinan tangan sesuai dengan jenis bahan baku yang ada

î  Praktek keterampilan usaha bidang kerajinan tangan, pemasaran, pelayanan dan penjualan produk handicraft.

î  Perluasan wawasan bisnis produk handicraft, melalui wirausaha yang tangguh, berilmu, beriman dan bertaqwa.

î  Praktek langsung pembuatan dan penjualan produk kerajinan tangan

î  Pembekalan untuk pembukaan usaha sejenis

 

 

Target Penerima Manfaat Program

Penerima manfaat dari program ini sebanyak 20 (dua puluh) orang, yang dipilih dari para pengangguran dan dhuafa. Mereka adalah  masyarakat umum yang termasuk dalam golongan tidak mampu dan pengangguran usia produktif yang telah memiliki minat dan kemampuan dasar dan telah mengikuti pelatihan kerajinan tangan tanpa dibatasi oleh jenis kelamin dan tanpa dipungut biaya (GRATIS).

 

 

Pelaksanan Program

FASE SOSIALISASI

Program dimulai dengan proses sosialisasi untuk mendapatkan bakal calon peserta program.

Setelah fase tersebut dilewati, diadakan seleksi tahap pertama berupa seleksi administratif, dengan melakukan verifikasi atas formulir dan dokumen kelengkapannya (Foto kopi KTP, Surat Kartu Keluarga, dan Keterangan Tidak Mampu/ Rekomendasi Pengurus Masjid atau Pengurus RT/RW tempat domisili calon peserta).

Setelah dilakukan verifikasi data, akan ada proses seleksi yaitu wawancara calon peserta untuk menggali motif dan kesungguhan dari calon peserta.

Tahapan terakhir calon peserta pelatihan akan disurvey, untuk mengetahui apakah calon peserta tersebut tergolong masyarakat tidak mampu (dhuafa).

 

FASE PELATIHAN

Terdiri dari penguasaan dan pemahaman atas teori dan praktek pembuatan produk kerajinan tangan

 

FASE PENGELOLAAN USAHA KERAJINAN TANGAN

Fase ini diawali dengan penempatan 20 (dua puluh) orang alumni di kios atau rumah produksi kerajinan tangan yang telah disepakati, dengan disupervisi oleh seorang pendamping dari Balai Latihan Kerja Cahaya Indonesia, dalam hal manajemen dan strategi bisnis.  Pelaporan kepada pemilik kios merupakan bagian dari tanggung-jawab Manajemen Balai Latihan Kerja Cahaya Indonesia.

 

Syarat dan ketentuan lain bagi peserta program mengacu pada syarat dan ketentuan yang berlaku di Balai Latihan Kerja Daarut Tauhiid Jakarta.

 

 

Pengawasan, Laporan, dan Evaluasi

Mekanisme pengawasan, laporan, evaluasi dan audit dari pelaksanaan dari program ini akan diatur oleh Komite Program yang dibentuk antara pihak donatur dan Balai Latihan Kerja Cahaya Indonesia.

 

Pengawasan dan Evaluasi: Proses pengawasan lapangan dan evaluasi hasil program dilakukan secara berkala dalam bentuk pertemuan yang akan diatur oleh Komite Program.

 

Laporan: Jadwal Laporan akan disampaikan sesuai dengan “Jadwal Implementasi Program”. Juga termasuk informasi untuk dilaporkan kepada masyarakat.

 

 

Penutup

Dengan digelarnya program ini diharapkan dapat tercipta para wirausahaan baru yang siap menciptakan lapangan kerja di sektor informal dan meningkatnya taraf ekonomi penerima manfaat program, baik penerima manfaat langsung maupun tidak langsung.

Program ini juga memberikan kontribusi yang sangat besar dalam bisnis kerajinan tangan secara regional dan global, dengan masuknya kerajinan tangan ke pasaran dengan harga murah akan meningkatkan jumlah pemakai baru (new entry user), sehingga banyaknya pebisnis baru dipasar kerajinan tangan menurunkan angka pengangguran.

 

Programme Info

Rp0,00
raised of Rp0,00
COMPLETED
0
Days left
0%
Funded
Funding type: FLEXIBLE
Completed
This fundraise has expired.
This project will receive all of the funds invested by 27 April 2017.

About Us

Jakarta Peduli

 

Jakarta adalah ibukota indonesia, sebuah kota kecil yang memiliki potensi yang sangat besar dimana pusat pemerintahan berada beserta lembaga-lembaga besar lainnya baik yang komersil maupun sosial.

Read more ...

Penyaluran Bantuan di Sumatera Barat

Indonesia sebagai salah satu negara tropis di dunia sudah Allah berikan berbagai kelebihan dibandingkan negara-negara lainnya, salah satunya adalah curah hujan yang baik dan matahari menyinari selama satu tahun penuh. Hal tersebut membuat indonesia sebagai surga dunia dimana tumbuhan dan hewan hidup beranekaragam.

Read more ...

Pembukaan Pelatihan Menjahit BLK DPU DT Angkatan Ke- 12 B

Pembukaan kelas pertama pada program pelatihan menjahit sebelumnya. Ternyata mengundang antusias masyarakat lain untuk ikut serta di dalamnya. Tidak sabar menunggu pelatihan angkatan 13 yang baru akan dibuka tiga bulan yang akan datang. 

Read more ...

Breadcrumbs

Please publish modules in offcanvas position.

Free Joomla! template by Age Themes