Peduli Mantan Penderita Kusta

LATAR BELAKANG

Selama berabad-abad, penyakit kusta menjadi momok yang mengerikan bahkan sempat dikatakan bahwa kusta adalah kutukan dari tuhan sehingga tidak jarang penghakiman kepada penderita kusta sangatlah kejam

seperti di asingkan ke daerah terpencil dan tertutup yang hanya ditinggali oleh sesama penderita kusta bahkan ada yang dibakar hidup-hidup karena dianggap penderita kusta adalah orang yang terkutuk dan sudah di hukum oleh tuhan. 

 

Ilmu kedokteran sudah berkembang dan segala tentang kusta sudah dipahami mulai dari sumber penyakit, cara penularan hingga obatnya. Kusta sudah sangat jelas dapat disembuhkan bahkan di indonesia pengobatan kusta sifatnya gratis.

 

Tetapi cara pandang masyarakat umum tentang kusta masihlah tidak berubah, penderita kusta di anggap aib baik di masyarakat dan keluarga, bahkan yang sudah mengikuti pengobatan hingga sembuh.

 

Tentang KUSTA

Kusta adalah penyakit infeksi kronis yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Penyakit ini adalah tipe penyakit granulomatosa pada saraf tepi dan mukosa dari saluran pernapasan atas; dan lesi pada kulit adalah tanda yang bisa diamati dari luar. Bila tidak ditangani, kusta dapat sangat progresif, menyebabkan kerusakan pada kulit, saraf-saraf, anggota gerak, dan mata.

 

Kusta merupakan penyakit menahun yang menyerang syaraf tepi, kulit dan organ tubuh manusia yang dalam jangka panjang mengakibatkan sebagian anggota tubuh penderita tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Meskipun infeksius, tetapi derajat infektivitasnya rendah. Waktu inkubasinya panjang, mungkin beberapa tahun, dan tampaknya kebanyakan pasien mendapatkan infeksi sewaktu masa kanak-kanak.

 

Tanda-tanda seseorang menderita penyakit kusta antara lain, kulit mengalami bercak putih, merah, ada bagian tubuh tidak berkeringat, rasa kesemutan pada anggota badan atau bagian raut muka, dan mati rasa karena kerusakan syaraf tepi. Gejalanya memang tidak selalu tampak. Justru sebaiknya waspada jika ada anggota keluarga yang menderita luka tak kunjung sembuh dalam jangka waktu lama. Juga bila luka ditekan dengan jari tidak terasa sakit.

 

Tentang MANTA ( Mantan Penderita Kusta )

MANTA atau mantan penderita kusta adalah penderita kusta yang sudah dinyatakan SEMBUH dari kusta dan TIDAK DAPAT MENULARKAN kusta lagi. Walaupun telah sembuh, banyak MANTA yang sudah cacat dikarenakan telat dalam mendapatkan pengobatan sehingga bakteri-bakteri kustanya sudah menggerogoti bagian-bagian tubuhnya. 

 

Seorang MANTAN tetap tidak dapat “hidup” normal di masyarakat, selain dikarenakan anggota tubuh yang cacat, stigma penyakit menular kusta menyebabkan mereka dikucilkan dimasyarakat dan keluarga. Untuk menjalani kehidupan sehari-hari pun sulit sekali dikarena MANTA sulit untuk mendapatkan pekerjaan, jikapun mereka berjualan barang dagangannya tidak didekati karena takut bakterinya melekat dibarang dagangan termasuk ketika menjadi penjahit, tukang ojek, menjaga warung, jualan gorengan, hampir semuanya menolak ketika MANTA yang menjualnya

 

Sembuh dari kusta ternyata tidak membuat mereka tetap “hidup”, karena stigma negatif masyarakat dan keluarga telah “membunuh” mereka, MANTA menjadi termiskinkan oleh masyarakat, mereka tidak dapat makan karena masyarakat dan akhirnya mereka menjadi pengemis, gelandangan bahkan ada yang nekat menjadi penjahatpun bisa dikarenakan masyarakat yang “membunuh” MANTA.

 

Program DPU Daarut Tauhiid untuk MANTA

MANTA juga ingin berkarya seperti manusia pada umumnya, tetapi banyak yang mengalami kecacatan akibat dari penyakit kusta yang sebelumnya diderita. Pada umumnya kecacatan MANTA yang paling mengganggu aktivitasnya adalah kecacatan di kaki yang harus di amputasi sehingga MANTA hidup tanpa kaki yang utuh, juga cacat di jari-jari tangan sehingga fungsi genggamnya  berkurang dan cacat lainnya yang membuat kurang maksimal dalam berkarya atau turunnya semangat hidup karena kecacatan organ tubuhnya. 

 

DPU Daarut Tauhiid beserta masyarakat siap untuk membantu MANTA mendapatkan kembali kehidupannya, dengan kaki palsu serta modal usaha yang kami berikan semoga dapat meningkatkan semangat hidupnya, berkarya untuk masa depan, keluarga dan masyarakat.

 

Harga 1 set kaki palsu kualitas bagus sebesar Rp 4.500.000, kaki palsu tersebut akan disesuaikan dengan kaki MANTA sehingga nanti akan nyaman digunakan untuk beraktivitas

 

Modal usaha yang akan kami berikan kepada MANTA adalah sepaket program pendayagunaan yang berisi 1 unit mesin jahit, pelatihan menjahit serta bantuan untuk mempromosikan produk yang sudah dihasilkan oleh MANTA, 1 paketnya sebesar Rp 5.000.000

 

PENUTUP

Mari bersama kita manusiakan MANTA sebagai manusia yang seutuhnya, yang ingin dicintai dan mencintai, dimasyarakat dan dikeluarga, ingin berkarya dan memberikan yang terbaik yang mereka miliki, menyambung hidup kedepan dengan lebih baik, bersama-sama untuk meraih ridho Ilahi

 

DPU Daarut Tauhiid beserta masyarakat siap untuk membantu MANTA mendapatkan kembali kehidupannya, dengan kaki palsu serta modal usaha yang kami berikan semoga dapat meningkatkan semangat hidupnya, berkarya untuk masa depan, keluarga dan masyarakat, semoga Allah SWT melimpahkan keberkahan yang berlipat ganda atas segala ikhtiarnya, juga untuk kita semua atas bantuan serta doanya

    

Contact us

Jakarta peduli di asuh oleh Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid Jakarta, untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami

 

Alamat

Rukan Pejaten, Jl. Pejaten Raya Kav.2 No.3

Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Telp/ Fax. 021-7986066

Read more ...

Penyaluran Bantuan di Sumatera Barat

Indonesia sebagai salah satu negara tropis di dunia sudah Allah berikan berbagai kelebihan dibandingkan negara-negara lainnya, salah satunya adalah curah hujan yang baik dan matahari menyinari selama satu tahun penuh. Hal tersebut membuat indonesia sebagai surga dunia dimana tumbuhan dan hewan hidup beranekaragam.

Read more ...

Pembukaan Pelatihan Menjahit BLK DPU DT Angkatan Ke- 12 B

Pembukaan kelas pertama pada program pelatihan menjahit sebelumnya. Ternyata mengundang antusias masyarakat lain untuk ikut serta di dalamnya. Tidak sabar menunggu pelatihan angkatan 13 yang baru akan dibuka tiga bulan yang akan datang. 

Read more ...

Breadcrumbs

Please publish modules in offcanvas position.

Free Joomla! template by Age Themes